Anda sadar gak sih kalau masyarakat Indonesia itu selalu menanti-nanti adanya diskon jika ingin beli sesuatu?
Sekarang coba bayangkan apa yang terjadi di pusat perbelanjaan besar ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Natal, kondisinya pasti sangat ramai.
Alasannya ya memang pada saat-saat itu diskon besar-besaran selalu jadi strategi pemasaran mereka.
Malahan beberapa tahun terakhir diskon besar-besaran gak lagi nunggu hari raya, dan dilakukan tiap bulannya. Gak percaya?
Mulai dari 1.1, 2.2, 3.3, 4.4, sampai 12.12 di berbagai platform belanja online selalu mengadakan diskon besar-besaran ini. Anda juga pasti pernah memanfaatkan momen-momen ini untuk membeli sesuatu kan?
Lalu, apa sih alasan banyaknya bisnis yang menerapkan diskon? Bukannya malah rugi ya kalau harganya dikurangin?
Menarik Pelanggan Baru
Bayangkan saat Anda sedang membuka toko online untuk membeli kaos misalnya. Lalu, ada 2 toko yang memiliki barang yang sama dan harganya pun juga sama. Bedanya, yang satu ditulis dengan harga 50 ribu dan yang satunya 70 ribu tetapi sudah didiskon menjadi 50 ribu.
Manakah barang yang Anda pilih? Secara logika memang otak kita menganggap hal ini sama aja, tapi secara emosional Anda dengan barang diskon bukan?
Pelanggan tentu memiliki cara untuk menghemat uangnya, sehingga lebih memilih berbelanja lebih memilih di tempat yang memberikan tawaran terbaik.
Inilah mengapa strategi diskon dapat disebut sebagai salah satu cara untuk menambah pembeli baru. Karena orang yang pada awalnya belum tahu dan tertarik dengan bisnis Anda, akan terpikat oleh diskon yang diberikan.
Karena melalui diskon dapat membuat pelanggan semakin tertarik dengan produk kita.
Bangun Reputasi untuk Bisnis Anda
Pernahkah Anda menemukan toko online yang memiliki banyak diskon di dalamnya?
Saat berbelanja di toko tersebut mata Anda akan berbinar-binar melihat barang yang memiliki banyak diskon di dalamnya. Nah karena Anda suka belanja di toko tersebut. Anda mulai merekomendasikan toko itu kepada orang lain.
Apa alasan toko online tersebut berani mengadakan diskon? Hal ini digunakan sebagai sarana untuk menaikan reputasi dari toko online tersebut.
Keuntungan dari tawaran strategi diskon akan membuat masyarakat meningkatkan kesetiaannya. Serta reputasi dari bisnis tersebut semakin dikenal oleh banyak orang.
Mengurangi Stok Lama di Gudang
Ketika Anda mempunyai bisnis pasti punya stok barang yang sudah disimpan lama, nah agar bisa diisi dengan barang baru tentunya Anda harus menjual barang-barang ini.
Tapi gimana kalau barang ini susah lakunya? Anda bisa membuat diskon besar-besaran agar barang Anda laris terjual.
Itulah alasan mengapa banyak pebisnis yang melakukan diskon saat akan melakukan pencucian gudang atau mungkin mengganti stok lama.
Tapi percuma juga kalau bisnis online Anda punya diskon besar-besaran tapi gak ada yang tahu dan tertarik untuk beli. Perlu juga membuat ide-ide konten agar diskon ini menjadi semakin menarik perhatian customer Anda.
Nah apakah Anda salah satu yang menerapkan strategi diskon ini?