Apakah Anda sudah tahu bahwa untuk saat ini pekerjaan yang sedang hype dicari oleh perusahaan adalah digital marketer?
Lho kok bisa?
Bisa dong, seiring berkembangnya era digital, banyak perusahaan yang harus mau beradaptasi untuk go digital agar tidak kalah dari kompetitornya.
Bukan hanya itu aja bahkan mereka yang punya usaha sendiri yang bergerak di bidang online juga harus minimal memahami skill-skill yang dimiliki digital markerter.
Lantas, soft skills apa saja sih yang harus dimiliki oleh digital marketer yang handal? Ini dia soft skill yang wajib Anda dimiliki.
Dulu BBM Sering Dipakai Orang, Lah Sekarang..
Pasti diantara Anda sudah pernah dong mengalami masa-masa dimana Blackberry Messenger BBM booming banget di Indonesia?
Yaaa benar sekali, BBM booming di Indonesia sekitar tahun 2010 hingga mulai redup di tahun 2014an.
Sekarang? Siapa coba yang masih pakai BBM
Nah era digital yang terus berkembang dengan pesat, membuat seorang digital marketer harus memiliki kemampuan adaptif yang tinggi.
Apa yang jadi strategi pemasaran digital paling ampuh saat ini, dalam beberapa bulan ke depan bisa saja sudah berganti dengan hal yang benar-benar berbeda. Nah di sinilah Anda harus mau beradaptasi dengan perubahan yang ada.
Jika tidak punya kemampuan adaptif yang tinggi ini, bisa aja Anda akan bernasib sama dengan BBM. Ditinggalkan banyak orang.
Jadilah Seorang yang “Tech Savvy”
Pernahkah Anda dimintai orang tua untuk mendaftar email atau sekadar mengirim pesan Whatsapp? Nah jika ingin terus berkembang di era digital, Anda tidak bisa menjadi orang tua seperti contoh di atas.
Seorang digital marketer handal harus memiliki jiwa “tech savvy” yaitu tetap mengikuti perkembangan zaman yang ada. Sehingga seorang digital marketer diharapkan untuk selalu tertarik update akan teknologi terbaru yang ada di zaman ini.
Akhir-akhir ini TikTok lagi booming nih, ya Anda minimal harus tahu alasan mengapa TikTok ini sedang booming. Lebih bagus lagi kalau bisa memanfaatkannya.
Banyak loh manfaat yang didapatkan oleh seorang digital marketer apabila menerapkan hal tersebut. Salah satunya adalah apa yang terbaru dan sedang dibicarakan banyak orang.
Komunikasi Menjadi Kunci
Setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda, kebutuhan yang berbeda-beda pula. Nah, digital marketer harus dapat menjangkau orang yang berbeda-beda ini.
Bagaimana caranya? Ya dengan komunikasi.
Bagaimana orang akan tertarik dengan produk atau jasa Anda, kalau Anda sendiri gak bisa berkomunikasi dengan menarik manfaat dari produk atau jasa tersebut?
Penting! Kreatif
Nah masih berhubungan dengan komunikasi nih, gimana caranya agar bisa menarik perhatian orang banyak ini selain dengan komunikasi yang baik?
Harus punya jiwa yang kreatif untuk memberikan ide atau gagasan.
Bayangkan saja dulu, apabila seorang digital marketer tidak memiliki jiwa kreatif. Kira-kira apakah orang lain akan tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan?
Ketika seorang digital marketer tidak memiliki jiwa kreatif maka barang atau pun jasa yang akan ditawarkannya akan sia-sia.
Hal tersebut tentunya menjadi landasan bahwa jiwa kreatif yang ditanamkan dalam seorang digital marketer sangatlah penting.
Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi
Penasaran. Sifat ini wajib dimiliki oleh seorang digital marketer agar tetap terus berkembang.
Dengan memiliki sifat ini Anda tetap akan terus bertanya dan mencari tahu apa yang harus Anda lakukan ke depannya.
Apalagi seorang digital marketer harus melakukan banyak riset ketika ingin memasarkan sesuatu.
Ingin membuat konten yang menarik? 80% riset tentang kontennya, 20% menulis konten. Bayangkan tidak punya rasa ingin tahu yang tinggi, sudah mikir berjam-jam pun ide konten pasti gak dapat-dapat.
Ingin menjangkau target pasar yang tepat? 80% riset target pasar, 20% eksekusi.
Jika Anda tidak memiliki rasa penasaran dan ingin tahu yang tinggi, tentunya riset yang Anda lakukan juga tidak akan optimal.
Nah itu tadi 5 soft skills yang wajib Anda miliki untuk menjadi digital marketer atau seseorang yang menjalankan bisnis secara digital, mana yang sudah Anda miliki?