Pada hari Selasa, 13 Juni 2023, dilaksanakan kegiatan persiapan dunia kerja antara Dako Brand & Communication dengan SMK PGRI 3 Malang yang diselenggarakan oleh Dako Brand & Communication sendiri, dengan melibatkan divisi kolaborasi dan kerja sama. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran profesi di industri kreatif serta memberikan tips dan pengetahuan mengenai persiapan dunia kerja kepada para siswa siswi kelas 10 SMK PGRI 3 Malang.
Kegiatan ini dipandu oleh beberapa orang yang terlibat dalam kolaborasi ini, antara lain pak Ervin dari pihak SMK PGRI 3 dan tim Dako Brand & Communication Kegiatan dimulai pada pukul 9 pagi hingga 11.30 dengan suasana yang seru dan menghibur.
Acara ini dipandu dengan semangat oleh Kyla dan Royan, tim dari dako Brand and Communication yang bertugas sebagai pembawa acara. Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh pihak sekolah yang diwakilkan oleh Pak Ervin.. Setelah pembukaan, Danis dari Dako Brand & Communication memulai materi pertama, yaitu memberikan gambaran tentang industri kreatif.
Industri kreatif sendiri merupakan industri yang mentransformasi dan memanfaatkan kreativitas, keterampilan, dan kekayaan intelektual untuk menghasilkan barang dan jasa. Yang berperan sebagai inovasi baru semakin berkembang dengan cepat, membuka dan menambah lapangan kerja, nilai dan kualitas suatu produk semakin meningkat, manusia akan dituntut semakin kreatif, persaingan yang kompetitif, serta pertumbuhan ekonomi. Profesi di industri kreatif mencakup desain grafis, digital marketer, fashion design, art director, game developer, arsitek, creative director, UI/UX designer, sound engineer, copywriter & content writer, web developer & mobile app developer, chef, content creator, animator, pengrajin, podcaster & broadcaster, videographer & photographer, voice over talent, editor, dan sebagainya.
Setelah itu, dilakukan ice breaking yang seru dengan tebak gambar, yang membuat suasana semakin hidup dan interaktif. Tidak lupa juga para peserta diberikan cemilan sebagai apresiasi atas partisipasi mereka dalam kegiatan ini.
Kemudian, dilanjutkan dengan materi kedua yang fokus pada persiapan dunia kerja. Materi ini membahas pentingnya pemahaman tentang work ethic dan memberikan tips agar peserta dapat menarik perhatian recruiter. Beberapa poin yang dibahas antara lain adalah pemahaman tentang portofolio, pembuatan CV yang baik, dan pengiriman email secara profesional. Selain itu, peserta juga perlu memiliki skill seperti komunikasi, manajemen waktu, creative thinking, visioner, kemampuan adaptasi, goal oriented, empati, dan leadership in general, maka dari itu peserta dapat mempersiapkannya mulai dari sekarang. Dan karena waktu yang terbatas, kegiatannya langsung dilanjutkan dengan game simulasi. Para peserta aktif berpartisipasi dalam game tersebut dengan antusias.
Dalam acara ini para peserta juga memberikan feedback seperti Fara dari kelas 10 DKV yang mengatakan bahwa “Ia merasa senang mendapatkan pembelajaran mengenai industri kreatif yang ternyata memiliki 17 profesi”. “Dalam acara ini yang saya dapatkan itu ilmu baru, harus kreatif, dan harus bisa kerja sama tim”, ujar Agil dari kelas 10 Broadcasting Film.
Acara ditutup dengan closing statement dan pesan-pesan dari pak Ervin dan sebagai penutup dilakukan foto bersama.
Kegiatan persiapan dunia kerja Dako Brand & Communication X SMK PGRI 3 Malang berjalan dengan seru dan bermanfaat. Peserta mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang industri kreatif dan persiapan yang perlu dilakukan untuk sukses di dunia kerja. Kolaborasi antara Dako Brand & Communication dengan SMK PGRI 3 Malang menjadi bukti nyata adanya sinergi antara dunia pendidikan dan industri. Semoga kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi dunia kerja yang kompetitif.